Friday, February 15, 2013

[Review] Silver Linings Playbook (2012)


Silver Linings Playbook (2012)
Comedy | Drama | Romance  
Directed by David O. Russel
Starring: Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert De Niro and Jackie Weaver

Apa jadinya bila dua orang dengan gangguan mental berusaha utk mengenal karakter masing2 dan berharap dapat saling menolong masalah yg mereka hadapi? Mungkin itulah kira-kira gambaran besar film Silver Linings Playbook, drama romantic comedy terbaru dr David O Russel dimana konflik keluarga, masalah mental dan hubungan percintaan bisa menyatu dlm kisahnya. Pat Solitano Jr. (Bradley Cooper) adalah seorang guru SMA yg baru saja keluar dr pusat rehabilitasi mental, ia dtahan akibat memukuli pria yg berselingkuh dgn istrinya Nikki,  setelah Pat keluar ia tinggal kembali bersama kedua orangtuanya Pat Sr (Robert De Niro) dan Dolores (Jackie Weaver), Pat didiagnosa menderita bipolar disorder yg membuat emosinya tidak stabil, ia bahkan bisa menjadi agresif  jika mendengar lagu pernikahannya sendiri, kondisi ini juga yg membuat Pat kurang dpt bersosialisasi dgn baik terutama dgn ayahnya yg bersikap kompulsif. Pat berusaha ingin merubah sifatnya menjadi lebih baik agar hidupnya kembali normal, selain itu ia masih mencintai istrinya dan ingin rujuk kembali namun ternyata hal ini sulit dilakukannya seorang diri, keadaan mulai berubah saat Pat bertemu dgn Tiffany (Jennifer Lawrence) adik ipar dr sahabatnya yg juga seorang janda muda, Tiffany sendiri adalah sosok perempuan yg temperamental dan “nakal” setelah kematian suaminya, meski awalnya Pat merasa terganggu dgn sifat2 Tiffany namun justru ketidakcocokan inilah yg membuat mereka dapat mengenal satu sama lain.


Diluar dugaan saya sebelumnya ternyata Silver Linings Playbook adalah sebuah film yg menarik  dan berkesan, meski plotnya terlihat sederhana film ini dapat menampilkan sebuah gambaran cerdas akan kontradiksi dan kompleksitas emosi manusia. Dengan gaya khasnya David O. Russel (Three Kings, The Fighters) menyutradarai film yg diadaptasi dr novel ini dengan mengumpulkan cast yg solid untuk tiap karakternya, Bradley Cooper memberikan penampilan terbaiknya sbg Pat yg memiliki gangguan mental dan depresi, intensitasnya terlihat kuat di sepanjang film ini, Robert De Niro pun kembali ke performa terbaiknya sbg sosok ayah yg bermasalah, namun yg  paling mencuri perhatian saya disini adalah Jennifer Lawrence; bintang muda The Hunger Games ini terlihat bersinar dgn kemampuan aktingnya yg  semakin matang, perubahan emosi yg ia tampilkan sbg seorang perempuan nakal dgn jiwa labil  terbilang mengagumkan, bahkan di salah satu adegan dimana Tiffany dan Pat sedang makan malam di sebuah restoran, dgn tak terduga Jennifer bisa mengeluarkan sifat meledak-ledaknya di hadapan semua orang. Saya rasa dari semua aktor/aktris yg bermain disini Jennifer Lawrence  yg sangat berpotensi mendapat penghargaan di ajang Oscar tahun ini.


Keseimbangan yg pas mungkin adalah salah satu faktor mengapa Silver Linings Playbook  bisa mendapatkan banyak nominasi Oscar kali ini, David O. Russel selama ini memang dikenal sbg sutradara yg keras dan disiplin dalam mengarahkan kru dan pemainnya, tak jarang ia terlibat konflik seperti dgn George Clooney di film Three Kings. Untuk film terbarunya ini David dengan handal mengkombinasikan semua unsur drama dan komedi dalam kisahnya menjadi sebuah sajian yg menarik, karakter2 yg vulnerable pun dibuat saling melengkapi sehingga terlihat kompak, momen feel good yg nampak di bagian akhir kisahnya seolah memang ingin menyenangkan semua penonton, sebuah alasan yg tepat mengingat selama ini film romcom ala Hollywood dibuat dgn gaya yg serupa namun untuk film ini sendiri menjadi tidak terkesan klise. Layaknya kata Excelsior yg sering diucapkan oleh sang protagonis, Silver Lining Playbook memiliki energi positif yg membuat film ini menjadi lebih nikmat utk ditonton oleh siapapun.                    



No comments:

Post a Comment