Thursday, March 14, 2013

[Review] Saturday Night Fever (1977)

Saturday Night Fever (1977)
Drama | Music  
Directed by John Badham
Starring: John Travolta, Karen Lynn Gorney, Barry Miller

Setiap generasi pasti selalu diwarnai dgn budaya yg populer di zamannya, di era 70-an sendiri musik disko dan joget bergaya John Travolta menjadi sangat terkenal lewat film Saturday Night Fever (1977), film ini menggambarkan sebuah kehidupan yg dijalani sekelompok anak muda yg mencari hiburan di malam minggu utk berjoget dan minum2 di sebuah diskotik, karakter utamanya adalah Tony Manero (John Travolta) pemuda 19 thn yg berpenampilan keren dan tinggal di Brooklyn, kehidupannya cukup keras dimana ia bekerja di sebuah toko cat dan keluarganya sendiri lebih menyayangi kakaknya sehingga Tony kadang sering bertengkar dgn orangtuanya. Setiap malam minggu Tony bersama dgn sahabatnya Joey (Joseph Cali), Double J (Paul Pape) dan Bobby (Barry Miller) pergi ke sebuah diskotik bernama 2001 Odyssey, selain menghabiskan waktu utk bersenang-senang selepas bekerja senin-jumat, disana Tony juga memamerkan keahliannya berjoget di lantai dansa hingga ia nampak sperti raja disko yg membuat kagum teman-temannya dan seluruh pengunjung diskotik, Tony terpikat dgn seorang wanita yg jago berdansa bernama Stephanie (Karen Lynn Gorney), melihat hal tersebut ia berusaha mendekati Stephanie utk mengajaknya menjadi partner di kontes dansa namun ternyata Stephanie yg berusia lebih tua darinya bersikap acuh dan mengangapnya sepele, Tony pun berusaha bersikap lebih dewasa dan membuktikan kpd keluarganya bahwa ia memang pantas utk dibanggakan.


Feel the city breakin' and ev'rybody shakin' and we're stayin' alive, stayin' alive..mulai dr adegan awalnya saja film Saturday Night Fever sudah menyajikan musik yg mengajak penonton utk bergoyang, tidak dapat disangkal bahwa film ini memberikan pengaruh yg sangat kuat, dari mempopulerkan nama John Travolta sbg aktor sampai menaikan pamor musik disko itu sendiri, setiap lagu yg dinyayikan oleh grup Bee Gees di film ini pun menjadi hits yg mendunia, sebut saja lagu How Deep is Your Love, Stayin Alive, sampai Night Fever yg semuanya terasa berkesan hingga sekarang. Dari film ini kita juga bisa melihat sebuah potret kehidupan anak muda di era 70-an yg benar2 menikmati kegiatan mereka dgn berjoget di lantai dansa, mungkin jika dilihat di masa sekarang musik disko dan fashion yg populer di era tsb akan terlihat cheesy namun disitulah letak daya tarik film yg disutradarai oleh John Badham ini, penampilan John Travolta memang sangat keren dan berciri khas, mulai dr style berpakaian hingga gaya rambutnya, yg paling menonjol dr seorang John Travolta disini adalah kemampuannya dalam berjoget disko yg terlihat bak seorang penari profesional, dlm film Pulp Fiction (1994) John Travolta kembali memamerkan keahliannya tersebut. Selain tentang cinta dan persahabatan Saturday Night Fever juga tak bisa dilepaskan dr realitas budaya urban di Amerika itu sendiri, Tony Manero merupakan wujud dr pemberontakan kaum muda yg berjuang utk membuktikan eksistensi dirinya, memang Saturday Night Fever akan selalu teringat bukan dari segi ceritanya melainkan berkat penampilan yg memikat dr John Travolta, apalagi dgn diiringi musik dr Bee Gees yg seperti terdengar abadi, pasti anda pun akan dibuat bergoyang dgn menonton film ini.


TRIVIA:
- Judul awal film ini adalah Tribal Rights of Saturday Night, lalu dipendekan menjadi Saturday Night karena kisahnya ketika Tony bermalam minggu dgn teman-temannya. Tapi ketika Bee Gees menyodorkan lagu Night Fever judulnya menjadi Saturday Night Fever karena dianggap lebih menjiwai filmnya.
- Kesuksesan film ini diikuti sekuelnya, Staying Alive (1983) yg disutradarai Sylvester Stallone. Secara finansial Staying Alive terbilang sukses namun banyak penonton dan kritikus yg mengangap film pertamanya jauh lebih superior.
 

3 comments:

  1. John Travolta aktingnya bad ass juga di sini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup John Travolta seolah dilahirkan utk peran ini.
      btw thx utk komennya yah :)

      Delete
  2. Aku baru aja nonton film ini kebetulan ada di HBO hehehe, entah kenapa karena akhir-akhir ini sering ngeliat John Travoltra jadi suka banget sama dia. He's such a good actor!

    ReplyDelete