Saturday, August 27, 2011

[Review] Moon (2009)

                                                           Moon (2009)
                                                                     Drama | Sci-Fi
Directed by Duncan Jones
Starring: Sam Rockwell, Kevin Spacey, Dominique McElligott

Dalam era perfilman yg menyajikan karakter robot, alien dan juga perjalanan waktu, Moon adalah sebuah penyegaran. Sebuah film yg pintar mengenai ide eksistensialisme dan membuktikan bahwa fiksi ilmiah paling berhasil ketika merefleksikan keadaan saat ini.

Duncan Jones sang sutradara membuat plot yg cukup sederhana tetapi sekaligus menggambarkan perjalanan yg mencekam di luar angkasa, Sam Bell (Sam Rockwell) bertugas sendirian di sebuah stasiun luar angkasa di bulan, dimana mineral helium h-3 diambil dr sinar matahari dan dikirim langsung ke bumi, ia ditemani oleh robot bernama GERTY (pengisi suaranya adalah Kevin Spacey). Dengan sisa kontrak kerjanya yg menyisakan waktu 2 minggu lagi, ia sangat berharap untuk kembali bertemu dgn istri dan anaknya yg masih bayi. Tetapi dlm sebuah misi rutin untuk mengitari permukaan bulan, halusinasi yg ia alami menyebabkan sebuah kecelakaan, dan saat ia terbangun ia sudah berada di markas, kejutan pun terjadi dalam hidupnya.

Ini adalah sebuah film sci-fi indie yg sekilas nampak terinspirasi dari karya fenomenal Kubrick, 2001: A Space Odyssey, Moon sendiri terlihat lebih minimalis karena film ini banyak menggunakan model miniatur dan desain ketimbang special effects yg canggih. Overall Moon merupakan sebuah film yg inovatif dan merupakan karya debut yg impresif dr seorang Duncan Jones.



No comments:

Post a Comment